Online game
Online Games (atau dalam bahasa indonesia disebut Permainan
Daring) adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer.
Jaringan yang biasanya digunakan adalah jaringan internet dan yang sejenisnya
serta selalu menggunakan teknologi yang ada saat ini, seperti modem dan koneksi
kabel.
Menurut Henry (dalam Yovanka, 2008) Game Online merupakan
sebuah game yang pada awalnya dimainkan beramai-ramai bahkan nyaris tidak
terhitung, dengan system multipemain yang diterapkan secara besar-besaran untuk
jumlah pemain game online.
Menurut Yuniarsa (2010) Game online adalah permainan yang
berbasis elektronik dan visual. Game online dimainkan dengan memanfaatkan media
visual elektronik yang biasanya menyebabkan radiasi pada mata, sehingga mata
pun lelah dan biasanya diiringi dengan sakit kepala.
Pembahasan
Perkembangan teknologi yang banyak manfaatnya juga terdapat
berbagai macam kegunaannya, salah satunya bermain game online. Remaja saat ini
hampir tidak dapat lepas dari game online. Game online sudah menjadi hal yang
biasa. Banyak remaja yang bahkan menghabiskan waktunya untuk bermain game online. Tidak dapat dipungkiri
juga bahwa remaja yang bermain game online akan membawa dampak positif maupun
negatif game online adalah salah satu permainan yang telah tersedia ada di
seluruh dunia, dan penggemarnya pun beraneka raga, dan bermacam-macam umur,
dari mulai anak kecil, remaja, bahkan dewasa. Game online terdapat beraneka
ragam, ada yang seperti game petualangan, sport , music dll. Bahkan game online
semangkin berkembang pesat dari zaman ke zaman. Dari yang mudah hingga yang
sulit. Semakin berkembangnya teknologi membuat permainan game online semakin
marak, dan tentunya ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para gamers. Berikut
adalah jenis-jenis game online menurut wikipedia:
Cross-platform online play
Cross-platform online play
Jenis permainan yang dapat dimainkan secara online dengan perangkat yang berbeda. Saat ini mesin permainan konsol (console games) mulai berkembang menjadi seperti komputer yang dilengkapi dengan jaringan sumber terbuka (open source networks), seperti Dreamcast, PlayStation 2, dan Xbox yang memiliki fungsi online. misalnya Need for Speed Underground, yang dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360.
Simulation games
Permainan jenis ini bertujuan untuk memberi pengalaman melalui simulasi. Ada beberapa jenis permainan simulasi, di antaranya life-simulation games, construction and management simulation games, dan vehicle simulation. Pada life-simulation games, pemain bertanggung jawab atas sebuah tokoh atau karakter dan memenuhi kebutuhan tokoh selayaknya kehidupan nyata, namun dalam ranah virtual. Karakter memiliki kebutuhan dan kehidupan layaknya manusia, seperti kegiatan bekerja, bersosialisasi, makan, belanja, dan sebagainya. Biasanya, karakter ini hidup dalam sebuah dunia virtual yang dipenuhi oleh karakter-karakter yang dimainkan pemain lainnya. Contoh permainannya adalah Second Life.
Massively multiplayer online games (MMOG)
Pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), di mana setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata. MMOG muncul seiring dengan perkembangan akses internet broadband di negara maju, sehingga memungkinkan ratusan, bahkan ribuan pemain untuk bermain bersama-sama. MMOG sendiri memiliki banyak jenis seperti:
- MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game)
- MMORTS (Massively Multiplayer Online Real-Time Strategy)
- MMOFPS (Massively Multiplayer Online First-Person Shooter)
- MMOBG (Massively Multiplayer Online Browser Game)
Dampak
Berdasarkan uraian di atas terdapat beberapa dampak positif
dari bermain game online dan dampak negatif dari game online.
1.
Dampak Positif Game Online
Dampak positif dalam bermain game online ini yaitu dampak
yang bisa dibilang memberi manfaat/pengaruh baik bagi penggunanya. Dampak
positif Game Online bisa seperti berikut:
a)
Hiburan
Dengan memanfaatkan sebuah permainan bisa untuk mencoba mengurangi stres
akibat aktivitas yang telah kita lalui / untuk menghilangkan kebosanan.
b)
Bisa untuk ajang melatih konsentrasi
(misal dalam game game action, dibutuhkan konsentrasi saat menembak,
sembunyi ataupun lari). Tentunya game yang baik.
c)
Ajang menambah kawan
Dengan bermain game online (game online yang berhubungan dengan user lainnya)
bisa menambah teman di dunia maya.
2.
Dampak Negatif Game Online
Dampak yang kurang baik bagi para pengguna game online
tersebut. Seperti:
a)
Tidak Kenal Waktu / Lupa Waktu
Kebanyakan dari para gamer yang sudah hobi dalam memainkan game game
online yang ada sering kelupaan waktu untuk rutinitas kegiatan lainnya.
b)
Pemborosan
Biasa nya para gamer membuang begitu saja uang nya untuk bermain game
online, hal ini yang membuat pemborosan.
c)
Lupa Kewajiban
Ini mungkin masih berkaitan dengan poin a. Sepertinya kebanyakan dari
pemain game online ini masih kisaran anak – anak sampai remaja (pelajar),
(walaupun ada juga sih orang dewasa – orang tua juga yg memainkan game online
ini). Kewajiban para pelajar yaitu belajar. Dengan keseringan, dampak buruk nya
yaitu waktu belajar semakin berkurang. Selain itu kita juga mempunyai kewajiban
terhadap Agama. Dan kewajiban lainnya yang patutnya di laksanakan sebagaimana
mestinya.
https://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_daring
http://ardella230691.blogspot.co.id

Komentar
Posting Komentar